Home » » Disunahkan Berbuka Dengan Kurma

Disunahkan Berbuka Dengan Kurma

Kenapa disunahkan berbuka dengan kurma?


Salah satu sunnah dibulan istimewa itu adalah menyegerakan bebuka puasa, terutama dengan kurma. Kenapa?





Tanaman kurma , atau yang dikenal dengan nama latinya phoenix dactiylifera , adalah tanaman yang tumbuh didaerah beriklim panas. Tanaman ini berasal dari se4kitar teluk Persia dan sudah digunakn sebagai makanan pokok oleh masyarakat di daerah Timur Tengah sejak dulu kala.
Diriwayatkan dari Anas bin malik: "rasululloh pernah berbuka puasa dengan ruthab (kurma basah) sebelum sholat , kalau tidak ada ruthab , maka beliau memakan tamr (kurma kering) dan kalau tidak ada tamr,maka beliau meminum air,seteguk demi seteguk."

 Hadist diatas mengandung pelajaran berharga, antar lain: (1). Disunahkan untuk bersegera dalam berbuka. (2). disunahkan berbuka puasa dengan ruthab,apbila tidak ada maka diba\olehkan berbuka dengan tamr atau sesuatu yang manis, jika tidak ada juga maka cukup dengan minum air.

 Dahulu, rosululloh selalu ber buka dengan beberapa buah kurma sebelumsebelum melaksanakan sholat. Hal ini merupakan cara pengaturan yang sangat teliti, karena puasa itu mengosongkan perut dari makanan sehingga liver (hati) tidak mendapatkan suplai makanan dari perut dan tidak bisa mengirimnya keseluruh sel - sel tubuh. Padahal rasa manis merupakan sesuatu yang sangat  cepat meresap dan paling disukai liver apalagi jika dalam keadan basah. setelah itu liver melumat serta mengirim zat yang dihasilkannya ke seluruh anggota tubuh dan otak. Sedangkan air merupan pembersih bagi usus manusia dan itulah yang berlaku alamiah hingga saat ini.

  Imam Ibnul Qayim rahimahullah memberikan penjelasantentang hadis diatas , beliau baerkata: Cara Nabi Sholallohu 'alaihi wa salam yang berbuka puasa dengan kurma atau air, mengan dung hikmah yang sangat mendalam sekali. Karena saat berbuka puasa lambung kosong dari makanan apapun. Sehingga tidak ada sesuatu yang sangat amat sesuai dengan liver yang dapat langsung disuplai keseluruh organ tubuh serta langsung menjadi energi, selain kurma dan air. Karbohidrat yang ada didalam kurma mudah sampai ke liver dan lebih
cocok  dengan organ tersebut, terutama kurma yang masak yang masih segar.

  Hal senada juga diungkapkan oleh dokter Ahmad  Abdurrouf Hasyim dalam kitabnya "Ramadhan Wath thibb". menurutnya , yang sangat dibutuhkan orang yang ingin ber buka puasa dalah jenis - jenis makanan yang mengandung gula, zat cair yang mudah dicerna oleh tubuh dan langsung bisa diserap darah, lambung dan usus serta air sebagai obat untuk menghilangkan dahaga.

  Zat - zat yang mengandung gula yaitu glukosa dan fruktosa memerlukan 5-10 menit dapat terserap dalam usus manusia ketika dalam dalam keadaan kosong. Dan keadaan tersebut terjadi pada orang yang berpuasa. Jenis makanan yang kaya dengan kategari tersebut yang palinga baik adalah kurma khususnya ruthab (kurma basah) karena kaya akan unsur gula, yaitu glukosa dan fruktosa yang mudah diserap dan dicerna oleh tubuh.

  Maka, urutan makanan yang terbaik bagi ornag yang berbuka pausa adalah  ruthab, tamr dan air, kalau itupun tidak ada, maka boleh menggunakan sirup atau juice buah yang mengandung unsur gula yang cukup, seperti air yang dicampur dengan madu, jeruk, lemon, dan sebagainya.

bersambung khasiat buah kurma.

Ditulis Oleh : Epo ~EPHO ZONE

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Disunahkan Berbuka Dengan Kurma yang ditulis oleh EPHO ZONE yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: Kamis, Agustus 18, 2011

0 komentar:

Posting Komentar

coment dulu dong sob....kritik dan saran anda sangat berarti bagi saya,ga bayar sob alias gratis......hehe

Copyright © 2014. EPHO ZONE - All Rights Reserved
Template by seocips.com
Template Published by template.areasatu.com
Powered by A1
Back to top